Pages

Jumat, 25 November 2011

Deteksi Penyebab Oli Meler di Yamaha Scorpio

Jumat, 25 November 2011 13:14 WIB
All About Yamaha Scorpio



Bisa jadi karena sil sudah mengeras
Paling
menyebalkan kalau melihat oli meler atau rembes di seputar blok dan kepala silinder Yamaha Scorpio. Apalagi kalau sudah bercampur debu. Bikin tampilan mesin terlihat jorok dan enggak terawat. Padahal kondisi mesin sehat-sehat saja, alias enggak ada masalah.

“Ini lantaran sil yang terdapat di sekitar blok dan silinder head sudah tidak maksimal lagi bekerja. Bisa jadi gara-gara panas mesin, sil jadi mengeras,” ujar Erick Ariawan dari bengkel Pit Bike yang berlokasi di Taman Kedoya Baru, Jakarta Barat. 

Ada beberapa sil yang menyebabkan oli meler sampai merembas ke head dan blok yang bisa dideteksi. Pertama, bisa berasal dari sil atau karet yang berada pada tutup setelan klep. “Lantaran panas mesin juga, sil ini jadi mengeras, oli bisa leluasa ke luar dari tutup klep,” lanjut Erick.

 Untuk menggantinya buka dulu tutup klep dengan kunci ring atau pas 14. Kemudian lepas karet O-ring yang ada di tutup klep dan siapkan yang baru. Setelah itu, baru oleskan secara merata sealer pada coakan tutup klep dan tunggu sekitar 10 menit, untuk memastikan sealer kering. Baru kemudian karet ditempatkan pada tutup klep dan pasang lagi penutup klep pada posisi semula.

Masalah kedua, oli yang rembes di sekitar tutup silinder head sebelah kanan yang bertuliskan Four. “Penyebabnya O-ring cover blok sudah tidak maksimal bekerja, rembesan oli terlihat di bawah, kiri dan atas cover Four,” urai mekanik bertubuh subur ini  sambil bilang kalau harga harga O-ring ini di pasaran berkisar antara Rp 5-8 ribu.

Penyebab lain pada areal ini bisa dari O-ring kabel takometer. Lebih  dikenal kabel RPM, posisinya di dalam head kanan bertuliskan Four sendiri. Bentuk sil bagian tengah berlubang mirip donat tapi dimensinya kecil. “Cukup rogoh Rp 5 ribu untuk mendapatkan sil baru ini,” tunjuk Erick lagi.

Penyebab berikutnya berasal dari kabel RPM itu sendiri. Oli bisa merembas dari sela lubang baut yang biasanya juga sudah sudah kena serang korosi atau karat. Kalau yakin memang ini biang keladinya, solusi paling asyik ya harus menebus kabel RPM baru yang dijual seharga Rp 27 ribuan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Free Blog Templates

PRIMBON

 

hewan pliharaan

Great Morning ©  Copyright by CINTA INFORMASI | Template by cinta informasi | Blog Trick at cinta informasi