Pages

Sabtu, 29 Oktober 2011

Yamaha XS 650, So Cal Non Patch

Jumat, 28 Oktober 2011 16:40 WIB
Modif Yamaha XS 650, 1973 (Bandung)
 
 
Choperis yang mendekati gaya South California (So Cal) bermukin di Bandung, umumnya bernaung di klub gede. Tapi, tentunya ini pilihan bebas, artinya banyak juga yang memilih independen tidak bergabung di klub tertentu, non patch atau no colors!

Yap seperti yang dilakoni Ruly Abraham alias Oelil. ”Kami memilih bebas karena justru kedekatan antara kami lebih erat. Yang penting silaturahmi sesama hobbies,” jelas Ruly. Siyaap brother!

Mari kita masuk ke ranah modifikasinya. Oelil mengontak langsung builder Al Chopper Bastard untuk urusan taste dan pengerjaan. Menurut mereka gaya So Cal memang kental dengan simplisitas ala Jap’s chop sesuai mesinnya yang memang buatan Jepang. Rake disasar sesuai standar XS 650 yang cenderung rapat dan memiliki double down tube yang cocok untuk chopper hardtail.

Pria kelahiran 1979 ini memang suka yang simpel. Seperti untuk knalpot, ia suka melingkarkan keduanya ke kanan di areal kick starter. Jadinya bagian kiri terlihat lebih kosong demi simplisitas tadi.

Lanjut! Pipa tubular dibiarkan kelihatan, mesin menonjol ke luar, hardtail di belakang yang cenderung pendek, jok single sitter. Serta rake rapat memang disasar Al Chopper kali ini.

Back bone dibuat cenderung rata hingga tangki minimalisnya dipasang tepat di atas. Hasilnya, wilayah ini sedikit terisi dan membuat kontur yang bagus di wilayah depan.

Setelah itu, agar serasi dan mengejar ‘ketinggian’ tangki di atas back bone, raiser menyatu setang, drag bar dibuat agak tinggi. Dengan begitu, ergonomi rider jadi lebih pede sekaligus nyaman. Setang lurus ini terbilang ideal. Masalahnya dari center bone ke belakang, kontruksi- nya tidak kelewat panjang hingga ridernya enggak perlu terlalu menunduk saat menjangkau setang ala drag tadi.


Dilihat di foto, pemiliknmya juga punya postur ideal di kisaran 175kg/80cm. Jadi, enggak masalah memilih setang model lurus seperti itu. “Cocok kok untuk dipakai riding di jalanan Kota Kembang. Handlinghnya gesit apalagi akselerasi XS 650 juga mumpuni,” jelas pegawai Bulog dari Jl. Batik Jogja, Bandung.

Oh ya, untuk urusan kelir ia juga memilih rona sederhana. Mereka hanya memberikan sentuhan grafis untuk aksentuasi terutama pada bagian tangki. Corak-corak mencolok apalagi freehand airbrush berusaha dihindarkan agar konsep chopper ol skoolnya secara keseluruhan tidak terganggu. “Yang jelas, kuring pede lah nongkrong bersama motor ini,” tutup brother yang rela STNK kepemilikan atas nama istrinya ini.  (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Metzeler 21 inci
Ban belakang : Metzeler 16 inci
Pelek depan : Trail 21 inci
Pelek belakang : H-D
Setang: Handmade

0 komentar:

Poskan Komentar

Free Blog Templates

PRIMBON

 

hewan pliharaan

Great Morning ©  Copyright by CINTA INFORMASI | Template by cinta informasi | Blog Trick at cinta informasi